Penjelasan Singkat
Tentang E - Ticketing
E-ticketing atau
Electronic Ticketing adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan
dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga
secara fisik ataupun paper ticket. Dan semua informasi mengenai electronic
ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milik airline. Sebagai
bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang
hanya berlaku sebagai alat untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih
mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan.
Tujuan dan Manfaat
dari E - Ticketing
E - Ticketing
sistem digunakan untuk memudahkan orang membeli tiket untuk berbagai acara dari
satu situs web. Tiket dapat dibeli dengan cara ini menggunakan uang tunai, cek
atau kredit / kartu debit. Orang yang tidak mempunyai akses internet dapat
memesan tiket melalui internet publik di terminal atau perpustakaan di Pusat
Informasi dan Visitor Center
E - Ticketing
adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyaman penumpang.
E - Ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan formulir kertas dan
meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat
perubahan - perubahan dalam jadwal perjalanan.
Selain itu E -
Ticketing mempunyai manfaat lain sebagai berikut :
Mengurangi biaya
yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket ke pembeli. Mengurangi stok
tiket dalam bentuk kertas, amplop dan pos.
Mengurangi tenaga
kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket.
E-Ticketing lebih
aman dikarenakan adanya barcode validasi yang menghilangkan kemungkinan palsu
dan duplikat tiket.
Pengiriman ticket
yang instan, pembeli dapat mencetak tiket mereka dengan segera, tidak perlu
menunggu surat atau menunggu, Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka
segera setelah mereka membelinya.
E-Tiket menyediakan
ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan informasi lain
yang pelanggan mungkin perlu tahu.
Saat ini
permasalahan pelayanan transportasi udara yang sangat serius terjadi di wilayah
perkotaan terutama di kota-kota besar dan kota metropolitan. Dominasi pengguna
pesawat terbang dalam melalukan perjalanan tidak seimbang dengan jumlah pesawat
yang ada. pada akhirnya akan menyebabkan kepadatan penumpang yang tinggi di
bandara-bandara (airport).
Kondisi ini pada
akhirnya akan memunculkan problem klasik di setiap perusahaan maskapai
penerbangan, seperti halnya masalah rute penerbangan,jadwal penerbangan yang
tidak tepat dan pemesanan tiket dan lain-lain.
Salah satu solusi
yang fundamental dari pemerintah khususnya mengenai pemesanan tiket adalah
dengan menerapkan system e-ticketing pada setiap maskapai penerbangan yang ada.
Karena dengan adanya system e-ticketing dapat memudahkan kita dalam memperoleh
tiket.
Anggota Kelompok :
Abdul Wahid
Bagus Indra P
Debi Santosa
Deo Rino H
Guntoro Nuari
Lintar Tamara
Singgih Prima D
Penjelasan Singkat
Tentang E - Ticketing
E-ticketing atau
Electronic Ticketing adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan
dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga
secara fisik ataupun paper ticket. Dan semua informasi mengenai electronic
ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milik airline. Sebagai
bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang
hanya berlaku sebagai alat untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih
mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan.
Tujuan dan Manfaat
dari E - Ticketing
E - Ticketing
sistem digunakan untuk memudahkan orang membeli tiket untuk berbagai acara dari
satu situs web. Tiket dapat dibeli dengan cara ini menggunakan uang tunai, cek
atau kredit / kartu debit. Orang yang tidak mempunyai akses internet dapat
memesan tiket melalui internet publik di terminal atau perpustakaan di Pusat
Informasi dan Visitor Center
E - Ticketing
adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyaman penumpang.
E - Ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan formulir kertas dan
meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat
perubahan - perubahan dalam jadwal perjalanan.
Selain itu E -
Ticketing mempunyai manfaat lain sebagai berikut :
Mengurangi biaya
yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket ke pembeli. Mengurangi stok
tiket dalam bentuk kertas, amplop dan pos.
Mengurangi tenaga
kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket.
E-Ticketing lebih
aman dikarenakan adanya barcode validasi yang menghilangkan kemungkinan palsu
dan duplikat tiket.
Pengiriman ticket
yang instan, pembeli dapat mencetak tiket mereka dengan segera, tidak perlu
menunggu surat atau menunggu, Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka
segera setelah mereka membelinya.
E-Tiket menyediakan
ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan informasi lain
yang pelanggan mungkin perlu tahu.
Saat ini
permasalahan pelayanan transportasi udara yang sangat serius terjadi di wilayah
perkotaan terutama di kota-kota besar dan kota metropolitan. Dominasi pengguna
pesawat terbang dalam melalukan perjalanan tidak seimbang dengan jumlah pesawat
yang ada. pada akhirnya akan menyebabkan kepadatan penumpang yang tinggi di
bandara-bandara (airport).
Kondisi ini pada
akhirnya akan memunculkan problem klasik di setiap perusahaan maskapai
penerbangan, seperti halnya masalah rute penerbangan,jadwal penerbangan yang
tidak tepat dan pemesanan tiket dan lain-lain.
Salah satu solusi
yang fundamental dari pemerintah khususnya mengenai pemesanan tiket adalah
dengan menerapkan system e-ticketing pada setiap maskapai penerbangan yang ada.
Karena dengan adanya system e-ticketing dapat memudahkan kita dalam memperoleh
tiket.
Anggota Kelompok :
Abdul Wahid
Bagus Indra P
Debi Santosa
Deo Rino H
Guntoro Nuari
Lintar Tamara
Singgih Prima D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar