Pada kesempatan ini
kelompok kami akan melakukan pembahasan mengenai bedah website, berhubung saat
ini lagi booming-boomingnya Online Shop maka kita akan mebedah website online
shop. Mungkin akhir-akhir ini kita sering mendengar Zalora, seringkali nama
Zalora muncul pada komersial break di Televisi. Zalora merupakan salah satu
butik online terbesar di Indonesia. Zalora hadir di Indonesia sejak bulan
Februari 2012. Timnya beranggotakan 10 orang Zalora dengan keyakinan bahwa
bisnis E-Commerce di tanah air akan berhasil.
Beberapa hal yang perlu
diperhatikan pada proses bedah website diantaranya bedah mengenai fungsi,
pelayanan, serta fasilitas pendukung yang dimiliki perusahan (usaha/bisnis)
ini. Zalora pada mulanya merupakan situs belanja online salah satu cabang dari
toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang
memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia,
Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Selain aksesnya
sangat mudah, Zalora memiliki brand-brand berkualitas, seperti Calvin Klein,
Steve Madden, Hush Puppies, Guess, Rip Curl, Nike, Oakley, Ardistia New York,
dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu, ada pula brand lokal yang sangat
diminati oleh masyarakat Indonesia maupun asing, seperti (X) S.M.L, League,
hingga Contempo.
Situs belanja online
ini bekerja sama dengan lebih dari 400 merek ternama, baik lokal maupun
internasional serta menawarkan lebih dari 20.000 produk bagi para pecinta
fashion di tanah air. Banyak sekali pilihan barang yang bisa dibeli di toko
online ini, di antaranya pakaian, aksesori, bahkan dekorasi untuk rumah.
Banyaknya brand dalam Zalora dibuat agar pilihan belanja makin bervariasi.
Tidak ada perbedaan harga dengan nilai yang dibanderol dalam situs resmi brand
yang terdapat dalam online shop ini. Pembeli pun dapat segera memesan barang
yang diinginkan kapanpun dan di manapun ia berada.
Hal-hal penting lainnya
dalam pembedahan web untuk perusahaan kecil ataupun besar adalah perencanaan
dalam melakukan pemasaran produknya, serta komunikasi elektronik yang
digunakan. Saat ini Zalora sudah berkembang pesat. Situs belanja online ini telah
memiliki 100.000 fans di Facebook dan mempekerjakan lebih dari 200 pegawai.
Jelas sekali mereka
para pendiri Zalora memiliki tujuan dan perencanaan yang cukup jelas, yaitu
memberikan kemudahan akses 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu agar
semua orang bisa mendapatkan style terbaik dari berbagai macam merek dengan
harga yang kompetitif.
Perkembangannya
didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali
dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, hingga
kini merambah ke media eleltronik. Dalam dua atau tiga bulan ke depan, Zalora
ingin memperluas promosinya melalui iklan televisi karena hampir semua
masyarakat menonton televisi.
Dalam segi pemasaran
produknya Zalora selain menyediakan berbagai pilihan brand yang menarik, ada
pula cara pembayaran yang opsional. Selain bisa dilakukan melalui kartu kredit
atau transfer, pembeli bisa membayar tunai saat pengiriman barang atau disebut
Cash on Delivery.
Satu hal yang tak bisa
luput dari suatu perusahaan adalah Visi dan Misi, pada wawancara yang beberapa
pihak lakukan terhadap lebih dari satu perusahaan(website) e-commerce / online
shop, rata-rata mereka memiliki Visi dan Misi :
VISI
- Menjadi Portal Media Diskusi Jual Beli Online Shop Terbesar dan Terpercaya di Indonesia
MISI
- Menjadi media perantara perdagangan online yang terbaik di Indonesia
- Menjadi media dan alternatif sumber penghasilan
- Menghadirkan fiture-fiture yang memuaskan pelanggan
- Ikut berpartisipasi melahirkan pengusaha online yang tangguh dan berbobot
- Memasyaratkan dunia online Indonesia
Berikut adalah
tampilan dari website online shop Zalora :
Template yang simple karena memang tidak
dibutuhkan tampilan yang terlalu ribet untuk menjual suatu barang, tampilan web
nya sangat soft & simpel.
Selanjutnya untuk melakukan suatu transaksi
pengunjung/pembeli tetap harus membuat akun yang memilki biodata komplit
sebagai syarat untuk proses jual-beli, dan pada bagian My Account atau Login
akan ditemukan tampilan seperti ini :
Kelebihan dari website Zalora ini memiliki akses
Help bagi para pengunjung yang menemukan kesulitan pada proses apapun, bentuk
menu Help yang ada sebagai berikut :
Sekian pembahasan bedah
website perusahaan bisnis E-Commerce Zalora.
Anggota Kelompok :
Abdul Wahid
Bagus Indra P
Debi Santosa
Deo Rino H
Guntoro Nuari
Lintar Tamara
Singgih Prima D
4IA16
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar