TUGAS SOFTSKILL
MATAKULIAH : DESAIN PEMODELAN GRAFIK #
TENTANG : PEMBUATAN OBJECT
3D MENGGUNAKAN BLENDER
Ø
Abdul
Wahid (50411031)
Ø
Galih
Anugrah R (52411993)
Ø
M.
Idraki Zakira (54411863)
Pertama kita instal aplikasi blender terlebih dahulu dengan versi yg sesuai misalnya untuk 32 bit dan 64 bit. Jika kita ingin memulai semuanya dari awal, maka kita
hapus bangun balok tersebut dengan menggunakan tombol Delete yang terdapat pada keyboard kita, atau
menggunakan kombinasi keybord yaitu Shift
+ X. Setelah objek/ model balok tersebut kita hapus, maka untuk membuat
sebuah objek baru kita dapat menklik Menu main toolbar Add (yang berada disebelah kanan Menu File) atau dengan kombinasi
tombol keyboard Shift + A,
lalu kita pilih objek apa saja yang ingin kita buat. Karena disini tujuan kita
adalah membuat meja, maka kita membutuhkan sebuah objek berbentuk balok dari
submenu Mesh (didalam Menu main toolbar Add) lalu kita pilih Cube.
Selanjutnya kita ubah ukuran panjangnya menjadi
lebih panjang (berpengaruh terhadap sumbu X atau sumbu Y),
dan menipis (berkurang ketebalannya yang berpengaruh terhadap sumbu Z saja).
Untuk
Mengubah objek menjadi lebih panjang atau lebih lebar (perubahan ukuran), maka
kita dapat menggunakan tombol keyboard S + X ((tekan tombol S terlebih
dahulu, setelah itu baru kita tekan tombol X) perubahan
ukuran yang berpengaruh terhadap sumbu X) atau kombinasi tombol
keyboard S + Y (perubahan ukuran yang berpengaruh
terhadap sumbu Y), begitu pula dengan kombinasi tombol keyboard S
+ Z (perubahan ukuran yang berpengaruh terhadap sumbu Z (untuk
ketebalan objek)). Jika kita hanya menggunakan tombol keyboard Ssaja,
maka perubahan ukuran berpengaruh terhadap semua sumbu (X,Y,Z).
Untuk melihat sudut pandang
objek yang akan kita ubah ialah dengan cara menekan tombol tengah pada mouse,
lalu kita gerakkan atau kita atur sudut pandangnya. Dan cara yang lainnya
adalah dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Numpad 3 (untuk
sudut pandang sebelah kiri), tombol keyboard Numpad 3 (untuk
sudut pandang sebelah kanan), kombinasi tombol keyboard Ctrl
+ Numpad 1 (untuk sudut pandang sebelah belakang), tombol
keyboardNumpad 1 (untuk sudut pandang sebelah depan), kombinasi
keyboard Ctrl + Numpad 7 (untuk sudut pandang sebelah bawah),
dan tombol keyboard Numpad 7 (untuk sudut pandang sebelah
atas).
gunakan edit mode
dengan menekan TAB dan CTRL + R untuk garis banyak sehingga
menjadi blok-blok kemudian pilih FACE SELECT untuk terlihat seperti
dibawah ini:
pilih blok lingkup
dalam dengan SHIFT + KLIK KANAN kemudian
tarik ke bawah dengan ketik E dan
tarik blok ke bawah begitu jg untuk kaki mejanya:
kemudian meja tersebut di beri warna, objek di warnai menjadi sebuah
meja yg berwarna sesuai dengan selera kita sendiri dengan cara kita klik icon Material yang berada pada sebelah kanan layar,
lalu kita klik New.
Setelah itu akan muncul submenu seperti Preview, Diffuse, Specular,
Shading, Transparency, dll. Kita pilih submenu Diffuse, lalu kita klik
pemilihan warnanya, lalu kita pilih warna sesuka kita.
Selanjutnya hasil akhirnya ialah objek tersebut kita renderingkan
(cetak) ke dalam bentuk gambar yang memiliki resolusi yang cukup baik dengan
cara klik Menu main Toolbar Render (disebelah kanan Menu main toolbar Add), lalu kita pilih Render Image atau dengan cara cukup kita
menekan tombol keyboard F12.
terakhir save lah hasil renderingnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar